Pengertian Dan Fungsi Kapasitor Pada AC


Bengkel AC di Denpasar, Tukang AC di Denpasar, Service AC di Denpasar, Bengkel AC Panggilan di Denpasar, Tukang AC Panggilan di Denpasar, Service AC Panggilan di Denpasar, Tukang Service AC Panggilan di Denpasar, Jasa Service AC di Denpasar, Layanan Service AC Panggilan di Denpasar.
Sudah tahukan anda apa itu kapasitor ? Pengertian Dan Fungsi Kapasitor Pada AC ?
Pada kesempatan yang berbahagia ini akan coba saya jelaskan sedikit tentang pengertian dan fungsi kapasitor pada unit air conditioner berdasarkan penggalaman saya.
Gambar Kapasitor Bagian Dalam
Pengertian Kapasitor…
Kapasitor merupakan alat elektronik yang dapat menyimpan muatan energy di dalam medan listrik, dengan cara mengumpukan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik.
Kapasitor pertama kali di temukan oleh Michael Faraday (1791-1867). Satuan kapasitor di sebut dengan Farat (F). Satu farat = 9 x 1011 cm2 yang artinya luas permukaan tersebut. Nama lain dari kapsitor adalah “Kondensator” (dalam bahasa italia condensatore). Kata kondensator pertama kali di sebut oleh Alessandro Volta seorang ilmuan dari italia pada tahun 1782.
Kapasitor AC
Fungsi Kapasitor Pada AC (Air Conditioner)…
Pada mesin Air Conditioner (AC) ukuran kecil, atau bi bawah 3 PK dan Single Phase, Kapasitor berfungsi sebagai starting penggerak atau penggerak pertama motor / kompresor. Besarnya kapasitor di sesuaikan dengan besarnya motor / kompresor. Kapasitor ini bukan untuk mempercepat putaran motor.
Kapasitor Kompresor ini sebagai penggerak pertama kompresor pada AC, sehingga besarnya ukuran kapasitor sendiri sesuai dengan besarnya kompresor (PK).
Berikut data ukuran kapasitor untuk kompresor AC Split yang biasa kita temukan :
Ukuran Kapasitor uF (Micro)  Ukuran Kompresor AC (PK)
Kapasitor 15 uF  Kompresor 0,5 PK
Kapasitor 20 uF  Kompresor 0,5 PK
Kapasitor 25 uF  Kompresor 1 PK
Kapasitor 30 uF  Kompresor 1 PK
Kapasitor 35 uF  Kompresor 1,5 PK
Kapasitor 40 uF  Kompresor 2 PK
Kapasitor 45 uF  Kompresor 2 PK
Kapasitor 50 uF  Kompresor 2,5 PK

Demikian artikel tentang Pengertiang dan Fungsi Kapasitor Pada AC Split, Apabila ada sobat ingin tambahkan bisa sobat tambahkan melalui kolom komentar di bawah ini.
Jangan lupa baca juga artikel tentang Pengertian dan Fungsi Thermistor Pada AC.
Layanan Kami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Kerja ACSplit

Cara Kerja ACSplit
Gambar di atas menunjukkan cara kerja ac untuk menghasilkan hawa dingin yang dibutuhkan oleh manusia ketika kepanasan di dalam ruangan atau mobi. Gas freon sebagai bahan pendingin dipompa oleh kompresor menuju kondensor yaitu yang berwarna merah. Warna merah memberi tanda bahwa gas freon dalam keadaan panas, dan panas inilah yang dibuang oleh kipas yang ada di kompresor. Kemudian gas yang sudah dibuang panasnya dihembuskan ke evapurator yaitu bagian gambar yang berwarna hijau, di sini gas freon berubah menjadi embun, embun dingin inilah yang ditiupkan oleh blower menuju ruangan, sehingga ruangan menjadi dingin. Blower selain menghembuskan hawa dingin sekaligus menghirup hawa panas yang ada di ruangan untuk dibuang kembali melalui kondensor dengan cara di hisap oleh kompresor.

Diagram Kelistrikan AC Split

Diagram Kelistrikan AC Split
Selain diagram mekanikal, dalam ac terdapat diagram kelistrikan, yaitu komponen kelistrikan yang memiliki fungsi masing-masing. Komponen kelistrikan outdoor ac terdiri dari overlosd protector, outdoor fan motor, internal thermal protektor, kompresor motor, kapasitor kompresor dan kapasitor fan. Sedngkan indoor komponen terdiri dari thermo fuse, indoor fan motor, speed sensor, sensor suhu ruangan, micro kontroler, outdoor unit realay.

Diagram Kelistrikan Remote Contrl AC Split