Cara Menentukan C.S.R Compressor


Bengkel AC di Denpasar, Tukang AC di Denpasar, Service AC di Denpasar, Bengkel AC Panggilan di Denpasar, Tukang AC Panggilan di Denpasar, Service AC Panggilan di Denpasar, Tukang Service AC Panggilan di Denpasar, Jasa Service AC di Denpasar, Layanan Service AC Panggilan di Denpasar.

Kali ini "Tukang Service AC di Denpasar akan membahas tentang Cara Menentukan C.S.R AC Split.

Sebagai tukang service ac yang profesional sudah seharusnya untuk mengetahui cara menentukan C.S.R sebuah compresor. Berikut ini kami jelaskan secara sederhana cara menentukan C.S.R compressor.
* C.S.R adalah singkatan dari:
C : Common
S : Start
R : Run

  1. Beri huruf [ tanda pada terminal ] misalnya A.B.C.
  2. Ukur tahanan masing-masing terminal dengan avometer pada sisi range ohm.
  3. Tahanan AB = X, tahan AC = Y, tahanan BC = Z
  4. Tentukan tahanan yang terbesar dan tahanan yang terkecil, sebagai berikut :
     a. Tahanan yang terkecil adalah kumparan utama.
     b. Tahanan yang terbesar adalah kumparan pembantu.
     c. Buat segitiga ABC.
     d. Gambarkan masing-masing tahanan pada segitiga ABC.
     e. Hapus atau gosok tahanan yang terbesar [ Z ]

Artikel Lainnya

Layanan Kami

Tukang Service AC di Denpasar Bali,Tukang Service AC di Jimbaran Bali, Tukang Service AC Panggilan di Bali,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Kerja ACSplit

Cara Kerja ACSplit
Gambar di atas menunjukkan cara kerja ac untuk menghasilkan hawa dingin yang dibutuhkan oleh manusia ketika kepanasan di dalam ruangan atau mobi. Gas freon sebagai bahan pendingin dipompa oleh kompresor menuju kondensor yaitu yang berwarna merah. Warna merah memberi tanda bahwa gas freon dalam keadaan panas, dan panas inilah yang dibuang oleh kipas yang ada di kompresor. Kemudian gas yang sudah dibuang panasnya dihembuskan ke evapurator yaitu bagian gambar yang berwarna hijau, di sini gas freon berubah menjadi embun, embun dingin inilah yang ditiupkan oleh blower menuju ruangan, sehingga ruangan menjadi dingin. Blower selain menghembuskan hawa dingin sekaligus menghirup hawa panas yang ada di ruangan untuk dibuang kembali melalui kondensor dengan cara di hisap oleh kompresor.

Diagram Kelistrikan AC Split

Diagram Kelistrikan AC Split
Selain diagram mekanikal, dalam ac terdapat diagram kelistrikan, yaitu komponen kelistrikan yang memiliki fungsi masing-masing. Komponen kelistrikan outdoor ac terdiri dari overlosd protector, outdoor fan motor, internal thermal protektor, kompresor motor, kapasitor kompresor dan kapasitor fan. Sedngkan indoor komponen terdiri dari thermo fuse, indoor fan motor, speed sensor, sensor suhu ruangan, micro kontroler, outdoor unit realay.

Diagram Kelistrikan Remote Contrl AC Split