Fungsi Thermistor Pada AC


Tahukah anda Apa Fungsi Thermistor Pada AC atau bisa di sebut otomatis pengatur temperatur / suhu pada unit mesin pendingin ruangan air conditioner.
Sebagian dari pengguna mesin penyejuk ruangan air conditioner mungkin ada yang belum tahu apa itu thermistor dan apa fungsinya, oleh sebab itu pada kesempatan ini, Duta Jaya Technic sedikit berbagi pengetahuan tentang pengertian thermistor temperatur otomatis pada ac.
Thermistor ACThermistor adalah salah satu alat yang terdapat pada unit ac yaitu letaknya di dalam indor dan ada soketnya yang menghubungkan ke modul indoor. Alat ini semacam otomatis untuk mengatur temperatur suhu ruangan. Nama Thermistor ini merupakan gabungan dari kata Thermo (Suhu) dan Resistor (Pengukur Tahanan). Thermistor ini di temukan oleh Samuel Ruben pada tahun 1930.
Untuk jenis thermistor ini pada unit ac ada 2, yaitu Thermistor Temperatur atau suhu ruangan (menempel pada evaporator) dan Thermistor Pipa Evaporator (menempel pada pipa evaporator).
Fungsi Thermistor Pada Unit AC ini yaitu pengukur temperatur suhu pada ruangan, dengan begitu thermise ini dapat mengatur kerja compresor secara otomatis berdasarkan settingan temperatur suhu pada remote control AC. Misalnya apabila pada display remote menunjukan atau kita setting pada temperatur 20*C, maka setelah suhu ruangan mencapai pada temperatur 20*C thermise ini akan mengirim sinyal ke PCB Modul untuk memutuskan arus listrik ke compresor, dan begitu juga sebaliknya apabila suhu ruangan mulai naik di atas 20*C, maka thermise ini akan mengirim sinyal ke PCB Modul untuk memberi arus listrik ke compresor untuk bekerja kembali. Ukuran thermise ini sendiri sangat kecil kurang lebih 3,5CM, Prinsip Thermistor ini adalah merupakan nilai tahanan apabila temperatur atau suhu mengenai Thermistor.
Demikian sedikit pengetahuan tentan Fungsi Thermistor Pada Unit AC dari kami, dan semoga dapat menambah wawasan kita tentang tutorial mesin air conditioner. Sekian semoga bermanfaat dan terima kasih.
Baca juga artikel tentang Cara Mengatasi AC Yang Sering Mati Hidup Sendiri.
Share this
Artikel Lainnya

Layanan Kami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Kerja ACSplit

Cara Kerja ACSplit
Gambar di atas menunjukkan cara kerja ac untuk menghasilkan hawa dingin yang dibutuhkan oleh manusia ketika kepanasan di dalam ruangan atau mobi. Gas freon sebagai bahan pendingin dipompa oleh kompresor menuju kondensor yaitu yang berwarna merah. Warna merah memberi tanda bahwa gas freon dalam keadaan panas, dan panas inilah yang dibuang oleh kipas yang ada di kompresor. Kemudian gas yang sudah dibuang panasnya dihembuskan ke evapurator yaitu bagian gambar yang berwarna hijau, di sini gas freon berubah menjadi embun, embun dingin inilah yang ditiupkan oleh blower menuju ruangan, sehingga ruangan menjadi dingin. Blower selain menghembuskan hawa dingin sekaligus menghirup hawa panas yang ada di ruangan untuk dibuang kembali melalui kondensor dengan cara di hisap oleh kompresor.

Diagram Kelistrikan AC Split

Diagram Kelistrikan AC Split
Selain diagram mekanikal, dalam ac terdapat diagram kelistrikan, yaitu komponen kelistrikan yang memiliki fungsi masing-masing. Komponen kelistrikan outdoor ac terdiri dari overlosd protector, outdoor fan motor, internal thermal protektor, kompresor motor, kapasitor kompresor dan kapasitor fan. Sedngkan indoor komponen terdiri dari thermo fuse, indoor fan motor, speed sensor, sensor suhu ruangan, micro kontroler, outdoor unit realay.

Diagram Kelistrikan Remote Contrl AC Split