Mengenali penyebab bocor air pada unit AC.

Bengkel AC di Denpasar, Tukang AC di Denpasar, Service AC di Denpasar, Bengkel AC Panggilan di Denpasar, Tukang AC Panggilan di Denpasar, Service AC Panggilan di Denpasar, Tukang Service AC Panggilan di Denpasar, Jasa Service AC di Denpasar,

Kali ini "Tukang Service AC di Denpasar akan membahas tentang Mengenali penyebab   AC meneteskan air.
Salah satu masalah yang paling umum terjadi dengan sistem pendingin udara (AC) adalah kebocoran air pada unit AC dan pada umumnya pemilik AC tidak mengetahui mengapa hal tersebut bisa terjadi.
Penyebab kedua yang menjadi salah satu alasan penyebab bocornya air pada unit AC anda adalah pemasangan unit AC yang kurang tepat kemiringannya. Unit AC harus dipasang agak miring ke belakang ke arah luar , sehingga air akan mengalir ke saluran pembuangan. Jika tidak dipasang dengan benar, air bisa menetes keluar mesin dan bisa membasahi lantai ruangan.
Meskipun sebenarnya adalah hal yang normal jika unit AC anda mengeluarkan sedikit air, akan tetapi jika kebocoran melebihi batas normal bahkan sampai membasahi lantai, berarti hal tersebut merupakan sebuah masalah.
Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan sistem pendingin udara bocor air.
Hal yang pertama adalah keluarnya air karena bagian dari proses kerja normal unit AC. Selama  dalam bekerja secara normal, sistem AC  akan menghilangkan kelembaban dari udara di dalam rumah. Kelembaban ini akan mengembun pada kumparan AC dan kemudian mengalir turun dan keluar melalui lubang pembuangan di bagian bawah mesin. Beberapa AC memiliki alur dalam talang dasar yang membuat air mengalir keluar dari unit AC, secara umum akan selalu ada cara untuk air mengalir keluar dari mesin . Jika anda melihat sejumlah kecil air yang keluar dari pipa AC ketika unit AC sedang aktif, ini mungkin kondensasi yang normal dan tidak perlu khawatir. Akan tetapi jika ternyata diluar batas normal, maka sudah saatnya anda memanggil jasa service AC karena merupakan sebuah pertanda bahwa AC anda sedang ada masalah.
Penyebab ketiga bocornya unit AC adalah adanya benda yang menghambat seperti debu, kotoran dan benda yang lain yang dapat menyumbat saluran pembuangan. Tersumbatnya saluran pembuangan air membuat air keluar dari unit AC melalui lubang lain di mesin sehingga membuat kebocoran air melalui jalur yang tidak normal.
Ketika anda mengalami masalah kebocoran air pada unit AC anda, sebaiknya segera dilakukan perbaikan karena jika dibiarkan akan membuat unit AC anda tidak bekerja optimal dan bisa menjadi rusak.
Demikian beberapa penyebab kebocoran air pada AC, semoga bermanfaat !

Artikel Lainnya

Layanan Kami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Kerja ACSplit

Cara Kerja ACSplit
Gambar di atas menunjukkan cara kerja ac untuk menghasilkan hawa dingin yang dibutuhkan oleh manusia ketika kepanasan di dalam ruangan atau mobi. Gas freon sebagai bahan pendingin dipompa oleh kompresor menuju kondensor yaitu yang berwarna merah. Warna merah memberi tanda bahwa gas freon dalam keadaan panas, dan panas inilah yang dibuang oleh kipas yang ada di kompresor. Kemudian gas yang sudah dibuang panasnya dihembuskan ke evapurator yaitu bagian gambar yang berwarna hijau, di sini gas freon berubah menjadi embun, embun dingin inilah yang ditiupkan oleh blower menuju ruangan, sehingga ruangan menjadi dingin. Blower selain menghembuskan hawa dingin sekaligus menghirup hawa panas yang ada di ruangan untuk dibuang kembali melalui kondensor dengan cara di hisap oleh kompresor.

Diagram Kelistrikan AC Split

Diagram Kelistrikan AC Split
Selain diagram mekanikal, dalam ac terdapat diagram kelistrikan, yaitu komponen kelistrikan yang memiliki fungsi masing-masing. Komponen kelistrikan outdoor ac terdiri dari overlosd protector, outdoor fan motor, internal thermal protektor, kompresor motor, kapasitor kompresor dan kapasitor fan. Sedngkan indoor komponen terdiri dari thermo fuse, indoor fan motor, speed sensor, sensor suhu ruangan, micro kontroler, outdoor unit realay.

Diagram Kelistrikan Remote Contrl AC Split