Maintenance AC sebagai bentuk perawatan AC anda


Maintenance AC atau perawatan AC terkadang sering dilupakan oleh banyak orang, padahal hal tersebut merupakan salah satu faktor yang sangat penting yang perlu anda lakukan. Dengan melakukan maintenance AC anda akan mendapatkan beberapa keuntungan.
Beberapa keuntungan yang akan didapatkan dengan melakukan maintenance AC adalah sebagai berikut :
    AC anda akan tahan lama karena selalu terawat;
    Udara yang keluar dari AC anda akan tetap segar sehingga akan menyehatkan tubuh anda;
    Pemakaian listrik di rumah juga akan tetap terjaga karena kondisi AC dalam keadaan optimal;
    AC anda akan tetap baik jika digunakan secara terus menerus karena dalam perawatan yang baik.
Kebanyakan orang masih berfikir bahwa dengan melakukan maintenance AC maka berarti “PEMBOROSAN” karena pola pikir yang berkembang di masyarakat adalah melakukan service AC hanya pada saat kondisi AC sudah tidak optimal bahkan sudah dalam kondisi yang rusak.
Pola pikir tersebut adalah salah, karena jika anda melakukan service pada saat kondisi AC sudah tidak optimal atau bahkan sudah dalam kondisi yang rusak, maka tindakan yang anda lakukan sudah tidak begitu bermanfaat bahkan juga anda akan lebih banyak mengeluarkan uang karena harus banyak mengeluarkan dana untuk mengganti spare part dan sebagainya.
Maintenance AC merupakan tindakan yang sangat perlu dan penting anda lakukan agar kondisi AC anda tetap dalam kondisi baik sehingga biaya yang anda keluarkan tidak terlalu besar. Hal yang perlu anda perhatikan adalah melakukan maintenance AC secara rutin dan berkala. Lakukan maintenance AC minimal 3 bulan sekali agar bisa mendapatkan hasil yang optimal.
Anda juga harus memastikan anda menggunakan jasa service AC yang baik, profesional dan terpercaya agar anda bisa mendapatkan pelayanan yang memuaskan.

Artikel Lainnya

Layanan Kami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Kerja ACSplit

Cara Kerja ACSplit
Gambar di atas menunjukkan cara kerja ac untuk menghasilkan hawa dingin yang dibutuhkan oleh manusia ketika kepanasan di dalam ruangan atau mobi. Gas freon sebagai bahan pendingin dipompa oleh kompresor menuju kondensor yaitu yang berwarna merah. Warna merah memberi tanda bahwa gas freon dalam keadaan panas, dan panas inilah yang dibuang oleh kipas yang ada di kompresor. Kemudian gas yang sudah dibuang panasnya dihembuskan ke evapurator yaitu bagian gambar yang berwarna hijau, di sini gas freon berubah menjadi embun, embun dingin inilah yang ditiupkan oleh blower menuju ruangan, sehingga ruangan menjadi dingin. Blower selain menghembuskan hawa dingin sekaligus menghirup hawa panas yang ada di ruangan untuk dibuang kembali melalui kondensor dengan cara di hisap oleh kompresor.

Diagram Kelistrikan AC Split

Diagram Kelistrikan AC Split
Selain diagram mekanikal, dalam ac terdapat diagram kelistrikan, yaitu komponen kelistrikan yang memiliki fungsi masing-masing. Komponen kelistrikan outdoor ac terdiri dari overlosd protector, outdoor fan motor, internal thermal protektor, kompresor motor, kapasitor kompresor dan kapasitor fan. Sedngkan indoor komponen terdiri dari thermo fuse, indoor fan motor, speed sensor, sensor suhu ruangan, micro kontroler, outdoor unit realay.

Diagram Kelistrikan Remote Contrl AC Split