Tips mengetahui kapan saatnya service ac


Selama ini anda mungkin hanya menggunakan AC tanpa mengetahui kapan saatnya untuk melakukan service ac. Anda berkeyakinan bahwa selama AC masih terasa dingin, maka anda tidak perlu melakukan service ac. Pada suatu ketika anda tiba-tiba terkejut karena ternyata tiba-tiba ac anda tidak berfungsi dengan baik dan anda sudah terlambat untuk mengetahuinya.
Sebenarnya anda dapat menghindari terjadinga kerusakan ac lebih dini dengan mengetahui apa gejala-gejala awal kondisi sebuah ac yang menjadi sebab untuk melakukan service ac Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengetahui kapan saatnya anda harus melakukan service ac.
1. Apakah suhu AC anda lebih panas dari biasanya ?
Salah satu gejala bahwa sudah saatnya anda melakukan service ac adalah suhu udara atau hawa yang dikeluarkan oleh ac anda lebih panas dari biasanya. Jika anda sudah melakukan setting suhu ke 16 derajat celcius namun suhu ruangan masih tetap panas, maka sudah saatnya anda melakukan service ac karena ada dugaan ada fungsi pada ac sudah tidak bekerja optimal dan kemungkinan freon juga sudah mulai berkurang.
2. Unit AC anda mengeluarkan bunyi yang aneh pada saat dinyalakan
Gejala lain yang dapat dijadikan sebuah petunjuk bahwa anda harus melakukan service ac adalah adanya suara aneh seperti suara kipas kecil dann suara lain yang sebelumnya tidak pernah terdengar saat anda menyalakan ac anda. Jika anda mengalami hal ini, maka berarti sudah saatnya anda melakukan service ac secepatnya karena jika anda tunda akan menyebabkan kerusakan yang lebih fatal.
3. Udara yang dikeluarkan AC terasa kotor dan membuat sesak napas
Gejala yang paling sering terjadi juga adalah udara yang dikeluarkan oleh ac terasa kotor karena ada debu-debu kecil sehingga membuat napas anda menjadi sesak dan kurang segar. Jika hal ini terjadi maka anda harus segera melakukan service ac karena jika tidak segera dilakukan maka akan bisa mengganggu kesehatan anda.
4. Mesin AC baik indoor dan outdoor terkadang mati secara tiba-tiba dan timer ac menyala tanpa diaktifkan
Kondisi lain yang perlu menjadi perhatian yang memerlukan service ac adalah mesin ac anda baik indoor dan outdoor terkadang mati secara tiba-tiba tanpa anda ketahui. Selain itu juga timer ac juga menyala tiba-tiba tanpa ada aktifkan sebelumnya merupakan suatu gejala yang menandakan anda perlu melakukan service ac secepatnya agar kondisi ac anda tidak menjadi lebih parah.
Demikian tips untuk mengetahui kapan saatnya anda perlu melakukan service ac sehingga bisa mencegah kerusakan yang lebih parah selanjutnya.
Layanan Kami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Kerja ACSplit

Cara Kerja ACSplit
Gambar di atas menunjukkan cara kerja ac untuk menghasilkan hawa dingin yang dibutuhkan oleh manusia ketika kepanasan di dalam ruangan atau mobi. Gas freon sebagai bahan pendingin dipompa oleh kompresor menuju kondensor yaitu yang berwarna merah. Warna merah memberi tanda bahwa gas freon dalam keadaan panas, dan panas inilah yang dibuang oleh kipas yang ada di kompresor. Kemudian gas yang sudah dibuang panasnya dihembuskan ke evapurator yaitu bagian gambar yang berwarna hijau, di sini gas freon berubah menjadi embun, embun dingin inilah yang ditiupkan oleh blower menuju ruangan, sehingga ruangan menjadi dingin. Blower selain menghembuskan hawa dingin sekaligus menghirup hawa panas yang ada di ruangan untuk dibuang kembali melalui kondensor dengan cara di hisap oleh kompresor.

Diagram Kelistrikan AC Split

Diagram Kelistrikan AC Split
Selain diagram mekanikal, dalam ac terdapat diagram kelistrikan, yaitu komponen kelistrikan yang memiliki fungsi masing-masing. Komponen kelistrikan outdoor ac terdiri dari overlosd protector, outdoor fan motor, internal thermal protektor, kompresor motor, kapasitor kompresor dan kapasitor fan. Sedngkan indoor komponen terdiri dari thermo fuse, indoor fan motor, speed sensor, sensor suhu ruangan, micro kontroler, outdoor unit realay.

Diagram Kelistrikan Remote Contrl AC Split